PROFIL LULUSAN PRODI AKUNTANSI

1.  Akuntan Keuangan dan Perpajakan

Lulusan   dapat   mengetahui   ketentuan   perpajakan, termasuk penyusunan  laporan  keuangan  fiskal  dan  pengisian  SPT  serta  perencanaan  dalam rangka efisiensi beban pajak (tax planning), serta lulusan dapat menyusun sistem akuntansi, menyusun laporan keuangan kepada pihak- pihak eksternal, menyusun laporan keuangan kepada pimpinan entitas, menyusun anggaran, penanganan masalah perpajakan dan pemeriksaan intern pada suatu entitas.

2.  Akuntan Sektor Publik

Lulusan dapat bekerja di Kantor Akuntan Publik yang mampu melaksanakan pemeriksaan akuntansi di organisasi bisnis dan nirlaba sesuai dengan standar pemeriksaan dan mampu menyusun kesimpulan hasil pemeriksaan, serta memberikan rekomendasi kepada klien.

3. Akuntan Manajemen

            Lulusan dapat bekerja menjadi seorang Akuntan Manajemen yang mampu menghitung biaya dari cost object/pemikul biaya, merencanakan dan mengendalikan biaya, mengukur dan mengevaluasi konerja unit/divisi/manajer serta mengambil keputusan manajerial berdasarkan informasi biaya.

4. Konsultan Akuntansi dan Keuangan

  Lulusan dapat bekerja menjadi seorang Konsultan Akuntansi dan Keuangan, seperti pada Sistem Informasi, Perpajakan, Akuntansi maupun Manajemen dalam membantu klien dalam penyelesaian masalah ataupun membantu kepentingan klien terkait akuntansi dan keuangan.

5. Wirausaha

Lulusan menjadi seorang wirausaha yang memahami konsep wirausaha, karakteristik wirausaha, serta memiliki ide, peluang usaha, kreativitas dan inovasi dalam membuka lapangan pekerjaan.

BIDANG KEAHLIAN (KONSENTRASI) PROGRAM STUDI AKUNTANSI

Ada 3 Bidang Keahlian (Konsentrasi) Program Studi Akuntansi, yaitu:

  1.  Akuntansi Keuangan dan Perpajakan
    1.  Akuntansi Sektor Publik
    1.  Akuntansi Manajemen

CAPAIAN PEMBELAJARAN LULUSAN

  • Mampu menghasilkan lulusan yang ahli di bidang Akuntansi dengan karakter disiplin, jujur, kreativitas, profesionalisme berbasis Ahlussunnah wal Jamaah an Nahdliyah yang mampu berdaya saing di era globalisasi dengan dibekali pengetahuan, teknologi, pemahaman, keterampilan intelektual, dan keterampilan praktis.
  1. SIKAP
S1Bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius.
S2Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral dan etika.
S3Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan peradaban berdasarkan Pancasila.
S4Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada negara dan bangsa.
S5Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain.
S6Bekerjasama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan.
S7Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara.
S8Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik.
S9Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri.
S10Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan.
S11Mengamalkan amalan Aqidah Ahlusunnah wal Jama’ah An Nahdliyah.
S12Menjunjung tinggi dan menerapkan etika profesi akuntan.
  • KETERAMPILAN UMUM
KU1Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya.
KU2Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur.
KU3Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni.
KU4Mampu menyusun deskripsi saintifik hasil kajian tersebut di atas dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi.
KU5Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis informasi dan data.
KU6Mampu memelihara dan mengembangkan jaringan kerja dengan pembimbing, kolega, sejawat baik di dalam maupun di luar lembaganya.
KU7Mampu bertanggung jawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi serta evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggung jawabnya.
KU8Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada di bawah tanggung jawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri.
KU9Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi.
KU10Mampu mengimplementasikan amalan Aqidah Ahlussunnah wal Jama’ah an-Nahdliyah dalam kehidupan sehari-hari.
  • PENGUASAAN PENGETAHUAN
PP1Menguasai konsep teoretis secara mendalam tentang: Kerangka dasar penyajian dan penyusunan laporan keuangan; Kebijakan dan prinsip- prinsip akuntansi; Siklus akuntansi; Pengakuan, pengukuran, penyajian, dan pengungkapan elemen-elemen laporan keuangan; dan Analisis laporan keuangan serta interpretasinya; konsep teoritis yang mendalam tentang akuntansi internasional (International Accounting).
PP2Menguasai konsep teoretis secara mendalam tentang: Kerangka dasar penyajian dan penyusunan laporan keuangan syariah; Prinsip- prinsip transaksi syariah; Operasional transaksi syariah; Pengakuan, pengukuran, penyajian, dan pengungkapan elemen-elemen laporan keuangan entitas syariah; serta Analisis kinerja keuangan dan kinerja syariah.
PP3Menguasai konsep teoretis secara mendalam tentang perpajakan; Peraturan umum perpajakan yang berlaku di Indonesia; Perhitungan dan perencanaan perpajakan, serta perpajakan internasional (International Taxation)
PP4Menguasai pengetahuan konseptual hukum pajak dan hukum bisnis.
PP5Menguasai konsep teoretis secara mendalam tentang perencanaan, prosedur, dan pelaporan audit.
PP6Menguasai pengetahuan konseptual secara umum maupun khusus tentang kebutuhan informasi untuk pengambilan keputusan.
PP7Menguasai teknik, prinsip, dan pengetahuan prosedural tentang penggunaan teknologi informasi.
PP8Menguasai pengetahuan konseptual secara mendalam tentang metode-metode penentuan harga pokok, teknik-teknik activity based costing, target costing dan life cycle costing.
PP9Menguasai secara mendalam tentang konsep dan ilmu ekonomi.
PP10Menguasai konsep dan prinsip tentang: Organisasi, Tata kelola, Manajemen strategi, Manajemen Resiko, Controlship, dan Lingkungan Bisnis.
PP11Menguasai konsep, prinsip, dan teknik manajemen keuangan yang meliputi: Keputusan keuangan; Nilai waktu uang; Penganggaran modal; Struktur modal; Biaya modal, dan pembiayaan; Kebutuhan modal kerja; dan Analisis arus kas.
PP12Menguasai pengetahuan konseptual tentang prinsip- prinsip investasi pada aset keuangan.
PP13Menguasai pengetahuan konseptual akuntansi manajemen, menguasai pengetahuan prosedural tentang berbagai teknik pengukuran dan pengendalian kinerja, Corporate Governance, Strategic Managerial Accounting, dan Operation Management.
PP14Menguasai pengetahuan konseptual Akuntansi Sektor Publik, Akuntansi Pemerintah, Public Financial Management, dan Audit Sektor Publik.
PP15Menguasai konsep teoretis secara umum tentang matematika dan statistika, dan menguasai konsep teoretis secara khusus untuk kepentingan penelitian.
PP16Menguasai pengetahuan konseptual tentang Kewirausahaan; Perkoperasian; dan Usaha mikro, kecil, dan menengah; dan Pasar modal.
  • KETERAMPILAN KHUSUS
KK1Mampu menyiapkan dan menyusun laporan keuangan untuk entitas tunggal dan gabungan dengan mengaplikasikan prinsip akuntansi sesuai dengan standar akuntansi keuangan yang berlaku umum (SAK, ETAP, IFRS) berbasis teknologi informasi dan manual.
KK2Mampu menganalisis dan mengevaluasi kinerja keuangan entitas dengan menggunakan teknik analisis (analisis rasio, tren, dan analisis statistik), serta menginterpretasikannya dalam berbagai perpektif para stakeholder, dan dapat menunjukkan cara-cara untuk meningkatkan kinerja keuangan dengan pertimbangan-pertimbangan aspek internal dan eksternal, baik dalam lingkup nasional maupun internasional.
KK3Mampu menyusun laporan hasil analisis atas informasi keuangan dan nonkeuangan seta pengungkapan terkait yang relevan dan andal untuk pengambilan keputusan manajerial dengan menerapkan teknik dan metode analisis akuntansi dan keuangan.
KK4Mampu menyusun, menganalisis, dan menginterpretasi laporan keuangan entitas syariah dengan mengaplikasikan prinsip akuntansi sesuai dengan standar akuntansi keuangan umum dan standar akuntansi keuangan syariah yang berlaku.
KK5Mampu menyusun, menganalisis, dan menginterpretasi laporan keuangan entitas sektor publik dengan mengaplikasikan prinsip akuntansi sesuai dengan standar akuntansi keuangan umum dan standar akuntansi keuangan publik yang berlaku.
KK6Mampu menyusun laporan kewajiban perpajakan, baik untuk wajib pajak individu maupun badan dengan cara menghitung dan melakukan rekonsiliasi perpajakan, serta mampu merancang strategi perpajakan dalam entitas dengan mengidentifikasi peluang-peluang pajak sesuai perundang-undangan perpajakan yang berlaku di Indonesia maupun internasional (International Taxation).
KK7Mampu menyusun kertas kerja audit melalui pengumpulan dan pengikhtisaran bukti audit atas laporan keuangan entitas sesuai dengan standar audit dan ketentuan perundang-undangan yang berlaku dalam audit atas laporan keuangan.
KK8Mampu mengevaluasi bukti audit atas laporan keuangan sesuai dengan standar audit dan ketentuan perundang-undangan yang berlaku dalam audit atas laporan keuangan.
KK9Mampu mengaplikasikan software dalam rangka penyusunan laporan keuangan, administrasi perpajakan, auditing, dan penelitian, dan menyajikannya dalam bentuk laporan kepada stakeholder sesuai dengan standar yang berlaku umum.
KK10Mampu merancang proses bisnis dalam suatu sistem  informasi akuntansi yang mendukung penyediaan informasi berbasis teknologi informasi untuk mendukung pengendalian manajemen dan pengambilan keputusan dengan cara menggunakan pendekatan siklus pengembangan sistem.
KK11Mampu menyajikan informasi harga pokok dengan menggunakan teknik activit y based costing, target costing, dan life cycle costing untuk penentuan harga jual, penilaian persediaan, pengendalian biaya dan pengambilan keputusan di bawah supervisi atasan dengan menggunakan fasilitas berbasis teknologi.
KK12Mampu  mengaplikasikan prinsip-prinsip  ilmu akuntansi dengan didukung oleh ilmu pengetahuan dan keterampilan lain, seperti manajemen organisasi, bisnis dan kewirausahaan, pasar modal, hukum bisnis, ekonomi, matematika dan statistika bisnis, etika, bahasa dan komunikasi, sistem informasi, keyboard skill dalam membantu penyelesaian tugas-tugas bidang akuntansi secara efektif.
KK13Mampu di bawah supervisi menyusun laporan investasi dan pendanaan, yang meliputi laporan kebutuhan kas dan modal kerja, proforma laporan keuangan, laporan penganggaran modal, yang relevan untuk pengambilan keputusan keuangan dan investasi dengan mengaplikasikan teknik manajemen keuangan dan investasi.
KK14Mampu menyusun dan menganalisis laporan akuntansi manajemen, meliputi perencanaan dan penganggaran, manajemen strategi, akuntansi manajemen strategi,  audit manajemen, manajemen biaya, operasi manajemen, pengendalian kualitas, pengukuran kinerja, dan benchmarking, yang relevan dan andal dalam mendukung pengambilan keputusan dan pengendalian manajemen dengan menerapkan teknik-teknik akuntansi manajemen, serta corporate governance.